Friday, 2024-05-03, 10:20 AM
Welcome Guest | RSS
Site menu
Section categories
Asuransi [18]
Bisnis [0]
Buah Buahan [116]
Forex [4]
Herbal [6]
Investasi [14]
Islam [8]
Keuangan [0]
Kesehatan [12]
Kecantikan [3]
Otomotif [0]
Pemasaran [39]
Sejarah [1]
Teknologi [9]
Our poll
Rate my site
Total of answers: 1
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Home » 2015 » July » 9 » Pemasaran Barang
9:56 AM
Pemasaran Barang

PRODUK DAN JASA

Produk(product) adalah segala sesuatu yang  dapat ditawarkan kepasar untuk mendapatkan perhatian,dibeli,digunakan,atau,dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.

Jasa services)adalah segala aktivitas atau manfaat yang dapat ditawarkan satu pihak kepada pihak lain yang yang pada dasarnya tidak berwujud, dan tidak menghasilkan kepemilikan apapun.

KELANGSUNGAN PRODUK DAN JASA

Penawaran perusahaan kepasar seringkali mencakup baik itu barang berwujud maupun jasa.Setiap komponen dapat merupakan bagian yang kurang penting atau utama dari total penawaran .

Contohnya ,barang yang ditawarkan perusahaan kepasar seringkali mungkin terjadi barang yang berwujud yang menyertakan jasa.Misalnya Ford menawarkan lebih dari sekedar dari produk mobil 

Tapi perusahaan ini juga memberikan jasa perbaikan dan pemeliharaan ,garansi penuh,ruang pameran,ruang tunggu,serta data pendukung yang lain.Penawaran hybrid terdiri dari proporsi barang dan jasa yang sama .Misalnya orang mengunjungi restoran baik untuk mencicipi barang yang berupa makanan maupun jasa mereka.Jasa yang menyertakan barang minor terdiri atas jasa utama beserta barang pendukung .Misalnya ,penumpang penerbangan Amerika secara primer membeli jasa pengangkutan tetapi jasa perjalanan itu juga mencakup beberapa barang berwujud seperti makanan ,minuman ,dan majalah penerbangan.

TINGKAT PRODUK

Perencanaan produk perlu memikirkan produk dan jasa atas tiga tingkatan .Tingkatan yang paling dasar adalah produk inti (core product) yang ditujukan untuk menjawab pertanyaan :apa yang sebenarnya dibeli  oleh pembeli ?Jadi dalam merancang produk ,pemaar mula-mula harus mendefinisikan manfaat inti yang akan yang disediakan produk kekonsumen.

Selanjutnya perencana produk harus menciptakan produk actual (actual product)disekitar produk inti .Produk actual mungkin mempunyai lima karakteristik :tingkat kualitas ,fitur,rancangan nama merk ,dan kemasan .

Akhirnya ,perencanaan produk harus mewujudkan produk tambahan disekitar produk inti dan produk actual dengan menawarkan jasa dan manfaat tambahan bagi konsumen.

KLASIFIKASI PRODUK

Produk dan jasa dibagi menjadi dua kelas besar menurut jenis konsumen yang menggunakannya­  produk konsumen (consumer products)dan produk industry (industrial produks).Dalam defenisi secara luas,produk juga meliputi entitas yang dapat dipasarkan seperti organisasi ,orang distribusi ,serta ide.

Produk Konsumen

Produk konsumen adalah produk yang dibeli konsumen akhir untuk konsumsi pribadi .Pemasar biasanya mengklasifikasikan barang –barang ini menurut cara membeli konsumen Produk konsumen meliputi produk sehari-hari (convenience product),produk shopping (shopping product),produk special(specialty product ),serta produk yang tidak dicari (unsoughtproduct).

Produk sehari-hari adalah produk dan jasa konsumen yang biasanya sering dan cepat dibeli oleh pelanggan dan disertai dengan usaha yang sedikit dalammembandingkan dan membeli .

Produk shopping (shopping product )adalah Produk konsumen dimana dalam proses pemilihan dan pembeliaannya ,konsumen melakukan pembandingan karakteristik seperti kecocokan ,kualitas,harga,dan gaya.

Contohnya mebel ,pakaian, mobil bekas,peralatan rumah tangga utama,serta jasa hotel dan motel.

Produk special (speciality product)adalah produk konsumen dengan karakteristik unik atau identifikasi merek yang dicari oleh kelompok pembeli tertentu ,sehingga mereka mau mengeluarkan usaha khusus untuk memperolehnya.

Produk yang tidak dicari (unsought product)adalah produk konsumen dimana keberadaannya tidak diketahui atau jika diketahui oleh konsumen pun ,tidak terpikir oleh mereka untuk membelinya.Contoh klasik dari produk dan jasa yang diketahui tetapi tidak dicari adalah asuransi jiwa dan donor darah untuk Palang Merah.

Category: Pemasaran | Views: 302 | Added by: mrblue | Tags: pemasaran gula semut, pemasaran flanel, pemasaran global, pemasaran gaharu, pemasaran gerilya, pemasaran global philip kotler, pemasaran barang | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar
Log In
Search
Organization
Calendar
«  July 2015  »
SuMoTuWeThFrSa
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
Entries archive
Site friends
  • uCoz Community
  • uCoz Manual
  • Video Tutorials
  • Official Template Store
  • Best uCoz Websites