Thursday, 2024-11-14, 10:33 PM
Welcome Guest | RSS
Site menu
Section categories
Asuransi [18]
Bisnis [0]
Buah Buahan [116]
Forex [4]
Herbal [6]
Investasi [14]
Islam [8]
Keuangan [0]
Kesehatan [12]
Kecantikan [3]
Otomotif [0]
Pemasaran [39]
Sejarah [1]
Teknologi [9]
Our poll
Rate my site
Total of answers: 1
Statistics

Total online: 7
Guests: 7
Users: 0
Home » 2015 » July » 9 » Materi Manajemen Pemasaran
0:52 AM
Materi Manajemen Pemasaran

Pemasaran adalah usaha menjuruskan dana dan daya milik perusahaan ke arah pemberian kepausan kepada para pembeli, dengna maksud agar peusahaan dapat menjual hasil produksi, memperoleh laba dan mencapai tujuan perusahaan yang lain.

KOTTLER : PEMASARAN adalah proses sosial dan manjerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang merekea butuhkan serta igninkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal0balik produkdan niali dengna orang lain.
Istilah-istilah penting : kebutuhan, keinginan, permintaan, produk, nilai, kepuasan, mutu, transaksi, pertukaran, dan hubungan.

MANAJEMEN adalah suatu proses yang terdiri dari analisis, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian SDM dan Sumber daya lain dengan memanfaatkan ilmu dan seni untuk mencapait tujuan-tujuan organisasi

Tugas pokok manajemen 

  • Menyusun rencana dan strategi umum
  • Mengarahkan peaksaan rencana atau strategi tersebut
  • Menilai, menganalisis, dan mengendalikan seberapa jauh hasil rencana atau strategi tadi telah tercapai

MANAJEMEN PEMASARAN adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang dimaksudkan untuk mendatangkan pertukaran-pertukaran yan diinginkan dengan pasar-pasar tujuan untuk maksud mencapai tujuan-tujuan organisasi.
Dalam pemasaran hasil produksi tugas pokok manajemen pemasaran berbentuk :

  1. Perencanaan pemasaran
  2. Pengarahan pelaksanaan pemasaran
  3. Pengawasan atau pengendalian pemasaran

Perencanaan Pemasaran

Tugas perencanaan pemasaran meliputi tiga hal, yaitu :

  1. Menetapkan kelompok pembeli yang ingin dijangkau pembeli sasaran
  2. Menyusun perkiraan jumlah penjualan produk di masa mendatang
  3. Menyusun kombinasi kebijakan pemasaran untuk memberikan kepuasan kepada pembeli sasaran sehingga produk dapat terjual, perusahaan memperoleh laba dan dapat mencapai tujuan-tujuan lain

PENGELOMPOKKAN PEMBELI POTENSIAL

Berdasarkan wilayah (kota/desa)

  1. Berdasarkan pendapatan (rendah, sedang, tinggi)
  2. Usia (anak-anak, remaja, dewasa)

Berdasarkan perkiraan jumlah penjualan ;

faktor yang mempengaruhi perkembangan penjualan di luar perusahaan :
Situasi persaingan; Perkembangan kondisi pembeli sasaran; Kebijakan pemerintah; Perkembangan ekonomi dunia

Faktor yang mempengaruhi perkembangan penjualan di dalam perusahaan :
Kapasitas produksi; Kualitas barang / jasa dan kesan pembeli terhadap barang/ jasa; Kebijakan harga jual yang digariskan perusahaan; Kemampuan perusahaan menyediakan dana modal kerja yang diperlukan.

Berdasarkan factor tersebut, perkiraan jumlah penjualn disusun untuk jangka waktu pendek maupun panjang.

KOMBINASI KEBIJAKAN PEMASARAN

Secara garis besar, terdapat 4 golongan kebijakan :

  1. Produk : menyajikan barang/jasa yng sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pembeli
  2. Harga : menetapkan harga jual barnag / jsa sesuai dengna kesediaan pembeli untuk membayarnya.
  3. Distribusi : mengusahakan agar brang/ kasa dapat tersedia di setiap tempat yang terdekat dengna pembeli, kapan saja merekan membutuhkannya.
  4. Promosi : memberitahu pembeli atas tersedanya barang/ kasa bersangkutan di pasar, serta meyakinkan mereka bahwa barang;. Jasa tersebut dapat memberikan kepuasan yang mereka inginkan.

PELAKSANAAN PEMASARAN

Pelaksanaan pemasaran khususnya promosi seringkali diserahkan kepada biro-biro iklan, alasannya adalah efisiensi dan keahlian
Tugas pengusaha dalam hal ini yaitu : mengkoordinasikan kegiatan periklanan dengan kegiatan promosi yang lain.
Tanggung jawab utma kegiatan operasi penjualan adalah menjamin terjualnya produk sesuai dengan rencana, biasanya tanggung jawab itu olehkepala bagian (manajer) penjualan.
Untuk itu maka tugas manajer penjualan :

  1. Menerima (menyeleksi) wiraniaga
  2. Mengatur balas jasa mereka secara adil dan layak
  3. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan jual wiraniaga
  4. Memberikan bimbingan dan perangsang kerja

MEMBINA HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN

Dua macam permintaan : Pelanggan baru dan pelanggan ulang
Dalam persaingan yang ketat, hanya ada sedikit pelanggan yang bisa diambil. Jadi walaupun mencari pelanggan baru cukup penting, tapi mempertahankan pelanggan yang sudah ada menjadi lebih penting. Ini hanya bisa dipertahankan dengan membina hubungna jangka panjang dengan pelanggan tersebut.
Diantara caranya :

  • Menciptakan produk yang high quality, quick response, low cost
  • Membentuk klub pembeli
  • Menggunakan humas yang kreatif

PRAKTEK PEMASARAN

Entrepeneurial marketing

Melaui direct selling dengan mengetuk setiap pintu, menggunakan kecerdasan para individu
Mendorong insiatif dan kreativitas menager-manager local

Formulated Marketing

Menggunakan konsep-konsep, misalnya dalam meningkatkan perjualan melalui iklan.
What is Marketed ? Goods, Services, Events, Experiences, Persons, Places, Properties, Organizations, Information, Ideas.

(GSEEPPPOII)

MARKETING PROSES

  1. Analysis of marketing opportunity (supply and demand) by war of dividing the market becoming segmentation (analisa kesempatan pemasaran dengan cara membagi pasar menjadi segmen-segmen)
  2. Evaluation of target market (Positioning; competitive advantage)
  3. Marketing Mix (Produk, Price, Place, Promotion)
  4. Marketing management

Perencanaan implementasi dan mengendalikan program untuk memelihara menukar untuk mencapai golongan organisasi)

MARKET TARGETING

Ketika perusahaan telah mengenali segmen pasarnya, perlu memutuskan berapa banyak target yang dilayani, dan ke target yang mana

Ada lim pola dalam pemilihan target pemasaran :

Konsentrasi pada satu segmen, selektif khusus, barang-barang tertentu, pasar tertentu, melayani seluruh pasar.
(Single segment Concentration, selective, product, market specialization, full market coverage)

PENGENDALIAN PEMASARAN 

Tujuan utama pengendalian pemasaran adalah menilai seberapa jauh tujuan-tujuan telah tercapai? Hambatan apa yang ditemui? Faktor penunjang apa yang diperlukan?
Pertanyaa lain : Apa yang ingin dicapai? Berap besar biaya? 
Maka dalam pengendalian pemasaran dinilai, apa yang telah dikerjakan dan dicapai? Berap jumlah rupiah telah dikeluarkan?
Bilamana hasil yang dicapai lebih rneda dari rencana dan atau biaya ynag telah dikeluarkan lebih besar, maka pengusaha perlu melakukan tindakan koreksi.
Berarti pengusaha dapat memperbaiki kemampun kerja bagian pemasaran atau meninjau kembalai rencana yang telah disusun.

RISET PEMASARAN

Tujuan Utama : menemukan secara tegas dan jelas masalah pemasaran yang sebenarnya
Pelaksana Riset dapat menggunakan cara : 

  1. menganggap apa yang mereka rasa sebagai masalah itu adalh gejala dari masalah sebenarnya,
  2. menemukan berbagai macam sebab mengapa gejala tadi timbul

Misalnya : 

“menurunnya penjualan radio” 
langkah-langkah perumusan masalah pemasaran
Analisis situasi 
Tujuannya : mempertajam gambaran pemasaran yang telah dirumuskan, sehingga pelaksanaan riset selanjutnya lebih mudah dan terarah.
Pada langkah ini, bermacam data dari dalam perusahaan dikumpulkan dan dianalisis.

Misalnya:

  1. laporan penjualan seluruh hasil produksi.
  2. prestasi kerja wiraniaga sebelum dan sesudah perubahan peraturan balas jasa.
  3. perkembangan penjualan (radio) dibandingkan hasil produksi yang lain sebelum dan sesudah perubahan syarat penjualan.

Data dari luar perusahaan,misalnya:

  1. wawancara terbatas dengan beberapa pelanggan.
  2. wawancara dengan beberapa pedagang.
  3. pakar yang dianggap ahli dalam bidang usaha sejenis.

Penelitian resmi lapangan

  1. Wawancara 
  2. Penelitian resmi dilapangan (surat,telepon,dan tata muka) pengamatan.misalnya:kekurangan terampilan wiraniaga
  3. Uji pemasaran (biasanya dilakukan perusahaan besar untuk mendapatkan dan menganalisis data pemasaran). Terutama dalam rangka perencanaan pemasaran produk baru.

Uji pemasaran tidak dapat digunakan dalam waktu yang mendesak,karena cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Memperkirakan jumlah penjualan hasil produksi

Diperlukan untuk penyusunan :

Rencana Pemasaran

Sasarannya adalah perkiraan hasil penjualan mendatang.
Perkiraan hasil penjualan berfungsi sebagai pengawasan seberapa jauh pelaksanaan pemasaran telah sesuai dengan yang direncanakan.

Perkiraan penjualan juga merupakan dasar penyusunan anggaran penjualan serta kebijakan pemasaran.

Dalam rencana pemasaran produk baru, rencana jumlah penjualan membantu memperhitungkan jumlah keuntungan yang dapat diperoleh.

Rencana Produksi

Peranana perkiraan jml penjualan dlm rencana produksi terutama tampak dlm penyusunan jadwal produksi
Jadwal kegiatan produksi umumnya disusun berdasarkan perkiraan jenis dan jumlah hasil produksi yang akan dijual pada waktu tertentu.
Kelanjutannya, rencana pembelian bahan baku, bahan pembantu, maupun jumlah sediaan, akan banyak tergantung dari jadwal keg. Produksi.

Rencana keuangan

Taksiran jml kebutuhan dana dari luar perusahaan untuk periode tertentu jg akan banyak dipengaruhi oleh perkiraan jml penjualan hasil produksi

Untuk hal tsb, perlu diketahui lbh dahulu berapa jml dana yg dapat diterima dari penjualan hasil produksinya.

Hal-hal yg mempengaruhi jml penjualan hasil produksi

1. Pengaruh dari luar perusahaan

  •  Kebijakan pemerintah
  •  Perkembangan ekonomi dunia
  •  Perkembangan sosial ekonomi masyarakat
  •  Situasi persaingan.

2. Pengaruh dari dalam perusahaan

  •  Kapasitas produksi dan modal kerja
  •  Kualitas hasil produksi
  •  Kebijakan harga jual

Metode penyusunan perkiraan penjualan hasil produksi 

1. Metode subjektif

  • Menanyakan secara langsung kepada pembeli sasaran 
  • Taksiran para wiraniaga
  • Gabungan pendapat para pejabat teras

2.Metode objektif 

Proyeksi kedepan berdasarkan penjualan rata-rata

Perkembangan penjualan disusun berurutan dari waktu kewaktu berikutnya.

Proyeksi kedepan berdasarkan “least square”

Banyak digunakan untuk perkiraan penjualan jangka panjang. Salah satu persyaratannya adalah penjualan hasil produksi masa lampau berkembang secara konstan (gelombang naik-turun tidak terlalu tajam).

Maka perkiraan penjualannya dimasa depan secara matematis dapat digambarkan dengan suatu garis lurus.

Formula : ŷ = α + βx

Kebijakan produk 

Barang atau jasa yang dibeli untuk digunakan sebagai alat memuaskan kebutuhan atau keinginan.
Jadi, membeli barang bukanlah karena fisik saja, tetapi manfaat yang dibawanya.

Manfaat barang/jasa bagi tiap-tiap orang berbeda dan berkembang. Oleh karena itu, pengusaha harus kreatif, dinamis, dan berpikiran luas.

Mereka dituntut daya imajinasi yang tinggi, sehingga terus-menerus dapat memikirnya dan menemukan sebanyak munkin manfaat baru yang dapat ditambahkan pada produk mereka ,sehingga produk mereka mempunyai nilai lebih dibandingkan saingan mereka.

Dimata pembeli, produk yang ditawarkan meliputi pula tempat parkir,keamanan,sirkulasi udara,kelengkapan jenis barangyang ditawarkan,pembungkus,merupakan manfaat-manfaat tambahan yang dikehendaki pembeli.

Daur hidup produk

Daur hidup produk sacara grafis besar dibagi empat tahap 
Tingkat laju penjualan produk pada tiap tahap berbeda-beda.
Kebutuhan dana pun berbeda-beda pada tiap tahap.

Memposisikan penawaran pasar sepanjang daur hidup produk product life cycle (PLC)

Dalam persaingan:perusahaan perlu terus menerus memikirkan ciri dan nilai tambah baru untuk mendapatkan perhatian dan minat dari pelanggan yang peka harga,kaya pilihan.

Perusahan-perusahaan biasanya berkali-kali merumuskan strategi pemasaran mereka selama kehidupan produk.

Kondisi ekonomi berubah,pesaing melancarkan serangan baru,dan produk melewati tahap-tahap minat dan tuntutan pembeli .maka perusahaan harus merencanakan strategi yang sesuai dengan masing-masing tahap daur hidup produk (plc).

**didasari bahwa hidup produk tidak abadi**

Maka perusahaan dapat mendifferensikan dan menentukan posisi penawaran secara efektif untuk memcapai keunggulan bersaing selama daur hidup produk (plc).

Category: Pemasaran | Views: 493 | Added by: mrblue | Tags: pemasaran menurut philip kotler, pemasaran menurut kotler, materi manajemen pemasaran, pemasaran mikro, pemasaran lokal, pemasaran menurut para ahli | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar
Log In
Search
Organization
Calendar
«  July 2015  »
SuMoTuWeThFrSa
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
Entries archive
Site friends
  • uCoz Community
  • uCoz Manual
  • Video Tutorials
  • Official Template Store
  • Best uCoz Websites