Fungsi manajemen pemasaran meliputi riset konsumen
pengembangan produk, komunikasi-promosi, distribusi, penetapan harga dan pemberian service. Semua kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui, melayani, memenuhi dan memuaskan kebutuhan konsumen.
Strategi Pemasaran
Hellriegel D &Slocum JW mengemukakan 2 jenis strategi pemasaran.
1. Market penetration strategy, yang berupaya untuk meningkatkan pemasaran pada pasar yang sekarang ada melalui produk yang sekarang telah ada pula. Kegiatan yang dilakukan meliputi upaya meningkatkan jumlah pembelian dari produk, mencoba menarik konsumen yang sekarang menggunakan produk dari kompetitor/pesaing atau malahan sekaligus membeli kompetitor tersebut.
2. Market development strategy yaitu upaya mencari pasar baru dari produk yang sudah ada. Tiga kegiatan utama mencari pasar baru ini adalah menemukan pasar secara geografis (contoh : buka cabang di daerah lain), menemukan target market baru (contoh : video yang tadinya untuk presentasi ilmiah kemudian dipasarkan untuk hiburan dalam rumah tangga) serta menemukan penggunaan baru dari produk yang ada (misalnya mobil niaga diubah menjadi mobil keluarga).
Konsep Pemasaran Inti
- Pasar sasaran dan segmentasi
- Tempat pasar, ruang pasar, dan metamarket
- Pemasar dan calon pelanggan
- Kebutuhan, keinginan, dan permintaan
- Produk, tawaran, dan merek
- Nilai dan kepuasan
- Pertukaran dan transaksi
- Relasional dan jaringan kerja
- Saluran pemasaran
- Rantai pasokan
- Persaingan
- Lingkungan pemasaran
- Program pemasaran
Berubahnya Praktik Pemasaran dengan Internet
(internet marketing)
Munculnya internet telah sangat meningkatkan kemampuan perusahaan menjalankan bisnis dengan lebih cepat, lebih akurat, mencakup kisaran waktu dan ruang yang lebih luas, dengan biaya yang lebih sedikit, dan dengan kemampuan menyesuaikan tawaran dengan kebutuhan pelanggan dan membuat tawaran menjadi lebih pribadi. Banyak sekali perusahaan yang telah menciptakan situs web untuk menginformasikan dan mempromosikan produk dan layanan mereka.
Pers populer telah memberikan perhatian yang besar pada situs web konsumen. Pada tahun 2000, lebih dari 106 juta orang Amerika masuk online, dengan 80 persen mencari informasi, 73 persen mencari produk atau jasa sebelum membelinya, 68 persen mencari informasi perjalanan, dan 65 persen mencari informasi tentang film, buku, dan kegiatan waktu luang.
Dari data tersebut, terlihat internet memang tempat menjadi pemasaran produk dan jasa yang paling menjanjikan saat ini. Karena jangkauan yang luas, ke seluruh dunia. Selain itu juga karena pasarnya yang tertarget dan sistem otomatisasinya, membuat pemasaran jadi lebih efektif dan efisien dari segi biaya, waktu dan tenaga. Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan-kelebihan dalam memasarkan suatu bisnis melalui internet.
Pada contoh penjelasan tentang manajemen pemasaran kali ini saya mengambil contoh dari perusahaan logo designer.
Pertama hal yang akan dibahas adalah mengenai marketing strategy atau strategi pemasaran, yaitu dengan cara :
- Mengikuti berbagai kontes desain baik logo ataupun yang lain di dalam maupun luar negeri.
- Menawarkan produk melalui berbagai komunitas dunia maya seperti : Kaskus, Facebook dan lain-lain
- Menggunakan SEO (search engine optimization)
- Membuat iklan gratis maupun premium di internet
- Mengirimkan email-email ke para pengusaha yang baru dan mulai berkembang.
- Memberikan Paket paket desain agar lebih cocok dan sesuai dengan keinginan klien.
|