Friday, 2024-05-03, 10:52 AM
Welcome Guest | RSS
Site menu
Section categories
Asuransi [18]
Bisnis [0]
Buah Buahan [116]
Forex [4]
Herbal [6]
Investasi [14]
Islam [8]
Keuangan [0]
Kesehatan [12]
Kecantikan [3]
Otomotif [0]
Pemasaran [39]
Sejarah [1]
Teknologi [9]
Our poll
Rate my site
Total of answers: 1
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Home » 2015 » July » 8 » Elemen Komunikasi Pemasaran
1:25 AM
Elemen Komunikasi Pemasaran

Pengertian Elemen Komunikasi Pemasaran adalah suatu proses menawarkan produk dengan menggunakan berbagai macam cara yang terdiri dari: (a) Promosi; (b) Publisitas; (c) Hubungan Masyarakat (Public Relations); (d) Personal Selling.

PROMOSI

Setiap kali perusahaan meningkatkan nilai produknya dengan menawarkan pengalaman atau insentif seperti penurunan harga atau memberikan sesuatu secara Cuma-Cuma, maka perusahaan tersebut melakukan promosi.
Pada umumnya tujuan promosi dimaksudkan untuk memotivasi tindakan konsumen: (a)Promosi Penjualan; (b) Tujuan Promosi Penjualan; (c)Metode Promosi Penjualan; (d)Fungsi Promosi dalam Pemasaran.

PUBLISITAS

Publisitas ialah penyampaian informasi yang didesain untuk membangkitkan minat lebih tinggi pada perseorangan atau perusahaan melalui media informasi, tanpa pengeluaran biaya karena pertimbangan besarnya minat khalayak.
Untuk mendapatkan publisitas, ada tiga saluran yang dapat ditempuh:

Pertama : Menyampaikan press releas dan menginformasikannya melalui media, seperti surat kabar, stasiun televisi, atau media lain untuk menyampaikan informasi dalam bentuk berita.

Kedua    : Melakukan komunikasi dengan organisasi atau asosiasi profesi. Konferensi pers akan menarik perhatian perwakilan media jika mereka menilai topik atau pembicaraan bernilai berita. Tur atau kunjungan perusahaan dan persentasi kepada warga masyarakat atau organisasi profesi merupakan bentuk lain komunikasi mulai dengan perorangan hingga kelompok.

Ketiga    : Komunikasi tatap muka orang perorangan, yang biasa disebut lobi. Lobi dilakukan oleh perusahaan kepada orang yang berpengaruh untuk mempengaruhi opini mereka, dan akhirnya mempengaruhi keputusan mereka. Lebih dari itu, perusahaan akan memberikan produknya kepada orang-orang terpandang, dengan harapan orang lain akan mengetahui bahwa para tokoh itu menggunakan prodik tersebut.

HUBUNGAN MASYARAKAT (Public Relations)

Public Relations (hubungan masyarakat) merupakan sarana promosi massal yang dilakukan dengan menjalin hubungan dengan berbagai konsumen perusahaan dan masyarakat umum, dengan berbagai konsumen perusahaan yang positif agar mendapat publisitas yang luas, dan mengatasi kabar angina, laporan, serta kejadian-kejadian yang tidak sesuai dengan kenyataan.
Fungsi hubungan masyarakat adalah untuk mempromosikan produk, tempat, ide, aktivitas dan orang-orang yang terlibat dalam aktivitas perusahaan.

PERSONAL SELLING

Personal selling adalah proses penyampaian informasi kepada konsumen untuk membujuk mereka agar membeli produk melalui komunikasi pribadi.

Fungsi Personal Selling:

  • Aplikasi personal selling bervariasi antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, tergantung aktivtas penjualan yang menjadi fokus perusahaan.
  • Pada umumnya, personal selling diasumsikan sebagai suatu cara untuk mencari permintaan pembelian dari konsumen atas produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.
  • Aspek permintaan pada personal selling dapat diketahui dari salah satu di antara empat fungsi yang berhubungan dengan permintaan.
Category: Pemasaran | Views: 329 | Added by: mrblue | Tags: elemen komunikasi pemasaran, pemasaran sosial, pemasaran rumah sakit yang baik, pemasaran roti, pemasaran rumah sakit swasta, pemasaran relung | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar
Log In
Search
Organization
Calendar
«  July 2015  »
SuMoTuWeThFrSa
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
Entries archive
Site friends
  • uCoz Community
  • uCoz Manual
  • Video Tutorials
  • Official Template Store
  • Best uCoz Websites