Friday, 2024-05-03, 12:53 PM
Welcome Guest | RSS
Site menu
Section categories
Asuransi [18]
Bisnis [0]
Buah Buahan [116]
Forex [4]
Herbal [6]
Investasi [14]
Islam [8]
Keuangan [0]
Kesehatan [12]
Kecantikan [3]
Otomotif [0]
Pemasaran [39]
Sejarah [1]
Teknologi [9]
Our poll
Rate my site
Total of answers: 1
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Home » 2015 » July » 9 » Contoh Bauran Pemasaran
8:30 AM
Contoh Bauran Pemasaran

PRODUK (PRODUCT)

Merupakan barang atau jasa yang diproduksi dalam jumlah besar atau dicetak dalam skala besar dengan jumlah unit tertentu. Produk non fisik adalah jasa seperti industri pariwisata dan industri perhotelan atau produk dalam bentuk kode seperti pulsa dan kartu kredit. Contoh barang fisik yang diproduksi dalam jumlah besar adalah mobil dan tinta pena. Ada pula barang kurang nyata seperti system operasi computer dan software komputer lainnya.
Pada umumnya suatu perusahaan melakukan empat kebijakan pada produknya dalam mengambil pangsa pasar yang ada, yaitu:

Variasi produk (product variation)

Adalah usaha perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda- beda pada pasar sasaran dengan membuat beragam variasi dalam satu lini produk. Sebagai contoh: Coke, Diet Coke, Caffeine-Free Diet Coke, dan Sprite semuanya merupakan varian dari satu lini produk minuman ringan The Coca-Cola Company. Pepsi, Diet Pepsi, Mountain Dew, dan All-Sport semuanya merupakan varian dari satu lini produk minuman ringan Pepsi Co.

Pembedaan produk (product differentiation)

Adalah usaha sebuah perusahaan untuk membedakan produknya dari produk-produk pesaing dengan cara yang akan membuat produk tersebut menjadi lebih menarik. Beberapa produk dibedakan dengan produk pesaing dilihat dari mutunya. Sebagai contoh, kopi starbucks popular di mana-mana karena mutunya, meskipun harganya cukup mahal. Setiap perusahaan akan mencari keunggulan kompetitif yang bisa membedakan produk mereka dengan produk pesaing. Beberapa metode yang umum digunakan yakni:

  • desain produk yang unik seperti warna, bentuk, cara penggunaan produk, dll
  • kamasan yang unik seperti warna, bentuk, cara membuka kemasan, dll
  • merek yang unik seperti Extra Joss untuk produk minuman berenergi, dll

Produk Baru (product innovation)

Pada tahun tertentu, beberapa perusahaan mungkin menawarkan lebih dari 20.000 produk baru. Sebagian besar produk-produk ini akan dihentikan produksinya hanya dalam waktu enam bulan. Angka statistik ini menunjukkan betapa sulitnya menciptakan produk-produk baru yang berhasil. Meskipun begitu, laba dari satu produk yang berhasil akan menutupi kerugian yang diakibatkan oleh beberapa produk yang gagal. Produk yang sudah ada menjadi usang atau ketinggalan karena dua alasan yaitu mereka dapat ketinggalan mode dan juga dapat mengalami ketinggalan teknologi. Oleh sebab itu perusahaan melakukan modifikasi produk yang sudah ada dengan teknologi terbaru maupun model yang baru agar dapat bertahan dari para pesaing dan juga kemajuan zaman.

Eliminasi produk (product elimination)

pada siklusnya produk dapat mengalami fase penurunan baik karena menurunnya permintaan dan munculnya produk saingan serta kemungkinan ada kekurangan pada produk itu sendiri, sehingga perusahaan harus mengurangi produksinya, dan apabila produk tersebut tidak dapat memberi keuntungan lagi maka produk tersebut tidak akan diproduksi lagi, agar biaya produksinya dapat dialihkan ke produksi produk lainnya yang masih digemari pasar. Sebagai contoh: Nokia E52 diklaim oleh perusahaannya yakni Nokia Corporation sebagai produk gagal dikarenakan kegagalan pada sofwarenya dan juga kritik dari para konsumen mengenai kualitas suaranya, sehingga perusahaan tersebut menghentikan produksi Nokia E52.

HARGA (PRICE)

Merupakan jumlah bayaran yang dibayarkan konsumen untuk membeli produk. harga produk bergantung pada beberapa faktor temasuk di dalamnya pangsa pasar, kompetisi, biaya material, identitas produk, dan harga berdasarkan perasaan konsumen. Perusahaan mungkin meningkatkan atau menurunkan harga produk jika banyak toko yang menjual produknya.
Pada umumnya perusahaan menggunakan tiga strategi dalam menentukan harga produknya yaitu:

Penentuan harga berdasarkan biaya produksi (cost recovery pricing)

Di dalam menentukan harga perusahaaan memastikan bahwa seluruh biaya produksi telah diperhitungkan ditambah dengan tingkat keuntungan yang diinginkan, sehingga tinggi rendahnya harga ditentukan oleh tinggi rendahnya biaya produksi. Jadi jika perusahaan ingin menurunkan harga maka biaya produksi juga diturunkan bisa dengan menurunkan kualitas bisa juga dengan penggunaan mesin terbaru.

Penentuan harga penetrasi

Jika sebuah perusahaan ingin memastikan bahwa ia dapat menjual produknya, perusahaan dapat menentukan harga yang lebih rendah daripada harga produk-produk pesaing untuk dapat menembus pasar. Jadi tentunya ini dapat merupakan kebalikan daripada penentuan harga berdasarkan biaya produksi

TEMPAT (PLACE)

Tempat, menggambarkan lokasi di mana suatu produk dapat dibeli. Tempat juga sering dihubungkan dengan saluran distribusi. Di dalamnya dapat termasuk toko-toko fisik maupun toko-toko maya pada internet.

Pada umumnya perusahaan memiliki empat pilihan metode dalam
menentukan bagaimana menyalurkan produknya agar dibeli konsumen.

saluran distribusi (distribution channel)

Merupakan saluran yang menyalurkan produk dari produsen ke konsumen baik secara langsung maupun tak langsung. Secara langsung konsumen dapat langsung memesan/membeli produk melalui produsen dan secara tak langsung konsumen memesan/membeli produk dari pengecer yang memasok produk dari produsen maupun distributor.

penjualan langsung (direct sales)

Merupakan cara menjual produk dengan cara langsung datang ke konsumen dan menawarkan produk yang dijual. Cara ini biasa digunakan oleh perusahaan multi level marketing (MLM) karena dapat langsung menimbulkan minat konsumen untuk membeli produk.

penjualan tak langsung (indirect sales)

Merupakan cara menjual produk dengan menempatkan produk pada toko- toko yang sesuai sehingga konsumen dengan sendirinya datang untuk membeli produk tersebut. Biasanya cara ini harus didukung oleh tempat yang strategis maupun pertokoan yang ramai.

penjualan elektronik (E-Commerce)

Merupakan penjualan berbasis WEB yang ada pada internet sebagai pengganti toko secara fisik yang melayani pemesanan produk-produk yang ditawarkan pada website yang bersangkutaan.

PROMOSI (PROMOTION)

Promosi merupakan keseluruhan komunikasi yang dilakukan pemasar pada pasar sasaran. Promosi memiliki 4 unsur berbeda meliputi: iklan (advertising), hubungan masyarakat (public relations), penjualan perorangan (word of mouth), promosi penjualan (point of sale). Gabungan unsur tersebut terjadi ketika promosi menggunakan keempat unsur tersebut, yang mana biasa digunakan dalam promosi film. Iklan meliputi komunikasi yang dibayar, dari iklan tv, radio, dan internet hingga media cetak dan billboard. Hubungan masyarakat yang mana komunikasi tidak dibayar langsung yang meliputi konfrensi pers, perjanjian sponsor, pameran, dan seminar. Penjualan perorangan merupakan penginformasian produk oleh masyarakat umum, konsumen yang puas ataupun orang yang secara tidak sengaja terlibat dalam percakapan tersebut. Staf penjualan sering berperan penting dalam hal penjualan perorangan maupun hubungan masyarakat.

Terdapat empat hal penting yang umum diperhatikan perusahaan di dalam mempromosikan produknya yakni:

komunikasi perorangan (individual communication)

Dengan cara ini produk diinformasikan kepada konsumen secara individual oleh staf penjualan maupun melalui pemberian brosur kepada tiap-tiap konsumen yang ditemui.

komunikasi masa (mass communication)

Dengan cara ini produk diinformasikan secara luas kepada masyarakat umum melalui media elektronik meliputi tv, radio, dll maupun cetak yang meliputi surat kabar, majalah, dll

manajemen merek (brand management)

Adalah teknik pemasaran yang dipakai pada produk, lini produk, maupun merek tertentu. Yang bertujuan meningkatkan penilaian konsumen, dengan cara demikian nilai pinjam dan nilai equitas (modal) merek meningkat. Jadi dengan meminjam merek dagang tertentu suatu perusahaan dapat mamasarkan produknya tanpa perlu bersusah payah melakukan promosi seperti pada perusahaan waralaba (franchise).

identitas perusahaan (corporate identity)

Merupakan peran daripada perusahaan agar sesuai dan memudahkan di dalam pencapaian tujuan perusahaan. Identitas perusahaan biasanya tampak nyata pada cara pemberian merek maupun penggunaan merek dagang. Banyak perusahaan seperti Mc. Donald’s dan Bintang Toejoe memiliki identitasnya masing-masing yang juga menjadi identitas dari seluruh produk mereka. Jadi disetiap produk mereka terdapat logo perusahaan yang apabila produk tersebut berkualitas otomatis produk lainnya yang dihasilkan perusahaan dapat juga dianggap berkualitas.

Spesifikasi Produk

NAMA : Ekstra Joss
GOLONGAN : Obat bebas (lingkaran hijau bergaris hitam di kemasan)KOMPOSISI :Setiap sachet Extra Joss dan Extra Joss Tablet effervescent mengandung : Taurine 1000 mg, Ginseng 20 mg, Inositol 50 mg, Vitamin B1 10 mg, Vitamin B2 Sodium Phosphate 5 mg, Vitamin B3 20 mg, Vitamin B6 5 mg, Caffein 50 mg,Madu, Natrium Bikarbonat, Aspartam, Asam Sitrat.
INDIKASI : Minuman kesehatan.
PERHATIAN : Tidak boleh diberikan kepada penderita Fenilketonuria, dapat memperberat gejala-gejala sakit maag, hati-hati kepada penderita tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, tidak dianjurkan digunakan oleh anak-anak, wanita hamil, dan ibu yang sedang menyusui.
EFEK SAMPING:Gangguan saluran pencernaan seperti : mual, muntah, dan kembung; berdebar-debar, gelisah, gemeteran, dan sukar tidur
KEMASAN : Sachet 6's.
DOSIS :1 sachet dicampur dengan 200 ml air dingin. Untuk dewasa 1 sachet diminum
sekaligus, maksimum 3 sachet perhari.
PENYAJIAN : Dikonsumsi bersamaan dengan makanan
HARGA : Rp 1000,.- per sachet

Produk

Variasi produk : Extra Joss Aktive Kuning, Extra Joss Aktive Anggur Burs, Extra Joss Active Apple Blackcurrant, Extra Joss Active Krim Soda, Extra Joss Fit Rasa Jahe Ginseng, Extra Joss Fit Rasa Teh Madu, Joss Kids, Femirex, Extra Joss X (dalam kaleng).

Pembedaan produk : kemasan rasa original dalam bentuk sachet berwarna kuning, memiliki logo kepalan tangan dengan merek ekstra joss.
 

Produk baru : extra joss fit rasa jahe ginseng dan extra joss fit rasa the madu diluncurkan pada 31-3-2008, joss kids dan femirex 2004, extra joss x (dalam kaleng) diluncurkan pada tahun 2005.
Eliminasi produk : puyer 16 produksinya dikurangi

Harga 

Penetrasi harga : Rp 1000,_per sachet dari tahun 1999 dan berkisar Rp 800,_ jika dibeli per pack isi 6 sachet.
Peloncatan harga : pada awalnya satu sachet extra joss dijual seharga Rp 2000,_ sampai Rp 2500,_

Tempat

Saluran disribusi : tak langsung, melalui pengecer (pedagang asongan, warung, warjoss, pasar swalayan, dll)
Indirect sales : konsumen datang sendiri ke tempat penjualan.
Penjualan elektronik : pada website-website misalnya: www.bengkel.org
Promosi perorangan : pada stand-stand extra joss pada event-event yang disponsori, misalnya konser Ungu, extra joss strike pada klub 36 Jakarta, sponsor utama kompetisi divisi utama liga Indonesia 2009/10, dll
Komunikasi masa : pada iklan tv, radio, surat kabar, majalah, internet, dll. Dengan endorser Cristiano Ronaldo, Christ Jhon pada tahun 2006 (sudah selesai kontraknya)
sekarang grup band Ungu. Tagline: ini biangnya buat apa beli botolnya, sekarang stamina plus nyali, stamina untuk negri.
Manajemen merek : extra joss active, ekstra joss fit, dan extra joss x merupakan produk dengan brand mark atau merek dagang ekstra joss.
perusahaan : pada setiap iklan selalu ada slogan akhir dari bintang toejoe yang terpercaya, pada sudut kemasan terdapat logo bintang toejoe.

DAFTAR PUSTAKA

Madura, Jeff. 1990. pengantar bisnis. Edisi keempat. Buku kedua. Salemba
Empat, Jakarta.
Kotler, Philip dan Keller, K. L. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid satu.
Penerbit Erlangga, Jakarta
Nama : ODRI.TRISWANDI (30208942) /3DD01
Jurusan : MANAJEMEN PEMASARAN

Category: Pemasaran | Views: 346 | Added by: mrblue | Tags: pemasaran interaktif, pemasaran ikan lele, pemasaran ikan nila, pemasaran internal, pemasaran internasional, contoh bauran pemasaran | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar
Log In
Search
Organization
Calendar
«  July 2015  »
SuMoTuWeThFrSa
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
Entries archive
Site friends
  • uCoz Community
  • uCoz Manual
  • Video Tutorials
  • Official Template Store
  • Best uCoz Websites