Monday, 2024-04-29, 1:57 PM
Welcome Guest | RSS
Site menu
Section categories
Asuransi [18]
Bisnis [0]
Buah Buahan [116]
Forex [4]
Herbal [6]
Investasi [14]
Islam [8]
Keuangan [0]
Kesehatan [12]
Kecantikan [3]
Otomotif [0]
Pemasaran [39]
Sejarah [1]
Teknologi [9]
Our poll
Rate my site
Total of answers: 1
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Home » 2015 » June » 29 » Buah Untuk Bayi 6 Bulan
6:04 AM
Buah Untuk Bayi 6 Bulan

Setelah bayi sudah mulai bisa mengonsumsi makanan selain ASI, Anda mungkin perlu memberikan buah untuk bayi 6 bulan sebagai makanan pendamping ASI. Selain sebagai pendamping, buah-buahan juga memiliki dampak yang baik untuk tumbuh kembang bayi kedepannya. Setelah saat dalam kandungan ibu memberikan asupan nutrisi dan vitamin dengan mengonsumsi buah-buahan, pada usia 6 bulan saatnya bayi Anda sendiri yang mencicipi sendiri nikmatnya buah-buahan supaya ia bisa mendapatkan nutrisi dan vitamin yang lebih maksimal. Akan tetapi tentu saja buah yang dikonsumsi harus diubah terlebih dahulu menjadi makanan yang cocok dikonsumsi untuk bayi. Ketika orang tua memberikan makanan pendamping selain ASI, maka bayi akan terhindar dari risiko alergi makanan. Apalagi saat usianya memasuki 6 bulan, sistem pencernaan bayi sudah mulai sempurna sehingga proses penyerapan nutrisi-nutrisinya bisa maksimal. Memangnya nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh bayi 6 bulan? Simak penjelasannya berikut ini.

Nutrisi yang Dibutuhkan Bayi 6 Bulan

Sebelum kami akan menjelaskan tentang berbagai jenis sayuran dan buah untuk bayi 6 bulan, kami akan jelaskan terlebih dahulu kiranya nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh bayi usia 6 bulan. Pada dasarnya ketika sudah menginjak usia 6 bulan, buah hati Anda sudah mulai bisa menerima makanan pendamping selain ASI. Akan tetapi ASI tetap saja menjadi makanan utama yang tidak boleh Anda abaikan, karena bayi masih membutuhkan ASI. Nah, beberapa jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi saat sudah mulai boleh mengonsumsi makanan lain selain air susu ibu adalah sebagai berikut.

Nutrisi pertama yang dibutuhkan oleh bayi berusia 6 bulan adalah protein. Di mana protein bia Anda dapatkan dari berbagai jenis daging seperti daging ayam, daging sapi, ikan salmon, dan sebagainya. Akan tetapi tentunya makanan-makanan tersebut harus sudah diolah menjadi bubur. Selain itu bayi juga membutuhkan lemak, di mana lemak sendiri berfungsi sebagai salah satu sumber energi untuk si bayi. Apalagi bayi juga membutuhkan asam lemak esensial yang memiliki banyak khasiat dalam perkembangan bayi.

Selain itu bayi 6 bulan juga membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup selain ASI. Akan tetapi jumlahnya memang tidak terlalu banyak, yaitu hanya sekitar 68,75 gram – 89,39 gram saja. Dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh bayi adalah vitamin dan juga mineral. Di mana bayi 6 bulan pasti akan membutuhkan vitamin A, B, E, D, K dan juga C. Di mana asupan vitamin tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis sayuran untuk bayi 6 bulan seperti sayur bayam, brokoli, seledri, tomat, wortel, dan berbagai jenis buah seperti semangka, jeruk, pisang, pepaya, apel, dan sebagainya.

Beberapa Jenis Buah untuk Bayi 6 Bulan

Nah, salah satu cara untuk membuat makanan pendamping ASI yang baik untuk bayi adalah dengan membuatkan sayuran atau buah menjadi bubur. Hal ini tentu dikarenakan si bayi belum bisa menggigit dan juga mencerna makanan secara langsung seperti orang dewasa. Maka dari itu diperlukan beberapa resep khusus dalam membuat makanan pendamping yaitu dengan menjadikannya bubur. Akan tetapi memang ada beberapa jenis buah yang bisa dikonsumsi langsung oleh bayi. Namun beberapa diantarnaya memang harus diolah terlebih dahulu.

Buah Pisang

Buah pertama yang biasa dijadikan bubur untuk bayi berusia 6 bulan adalah piang. Di mana buah yang satu ini ternyata memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk bayi eperti fosfor, vitamin A, kalium, dan juga asam folat. Sebenarnya Anda juga tidak perlu menjadikan pisang sebagai bubur karena teksturnya yang sudah halus. Maka setelah buahnya dikeruk Anda bisa langsung memberikannya kepada buah hati Anda.

Buah Jeruk

Selain pisang, ada juga jenis buah untuk bayi 6 bulan lainnya yaitu buah jeruk. Bagi orang dewasa jeruk memang memiliki banyak sekali manfaat dan rasanya pun manis. Ada banyak kandungan gizi utama yang ada di dalam buah jeruk. Kandungan utama dalam buah jeruk adalah vitamin C, namun selain ituada juga kalium, kalsium, vitamin A, serat dan juga asam folat. Nah, untuk diberikan kepada bayi Anda tidak bisa memberikannya secara langsung seperti pisang. Buah jeruk harus dicuci bersih dulu, diperas dan diambil airnya. Lalu berikan airnya kepada bayi.

Buah Apel

Selanjutnya ada juga buah apel, buah yang rasanya lezat dan juga memiliki tekstur yang halus. Buah apel ini diperuntukan bagi bayi yang sudah berusia 6 bulan atau di atasnya. Ada banyak kandungan gizi pada buah apel, diantaranya adalah vitamin C dan A, magnesium, kalsium, fosfor, kalium dan juga magnesium. Nah, Anda disarankan untuk membuat pure apel supaya bayi lebih mudah mengonsumsinya. Kupas kulit apelnya, potong kecil-kecil, rendam hingga lunak, dan terakhir blender apel sampai lembut.

Buah Pir

Buah untuk bayi 6 bulan selanjutnya adalah buah pir, di mana buah pir ini mirip dengan buah apel. Namun saat dimakan tekstur buah pir ini lebih berair ketimbang buah apel. Kandungan vitamin C, kalsium, fosfor, dan juga kaliumnya memiliki banyak khasiat atau manfaat untuk bayi. Namun untuk memberikannya kepada buah hati Anda, sebaiknya Anda buat pure pir terlebih dahulu. Caranya sama dengan membuat pure apel. Kupas kulitnya, potong kecil-kecil, kukus, lalu blender sampai benar-benar halus. Baru setelah itu Anda berikan kepada anak Anda.

Khasiat Lain Buah Apel untuk Bayi 6 Bulan

Sebenarnya selain buah pisang, jeruk, apel, dan pir, ada juga tomat yang bisa dikonsumsi bayi. Akan tetapi buah tomat ini lebih disarankan untuk bayi berusia lebih dari 8 bulan. Namun diantara jenis-jenis buah untuk bayi 6 bulan yang kami jelaskan, mungkin buah apel adalah salah satu yang banyak memiliki khasiat untuk bayi. Ada beberapa alasan mengapa buah apel cukup disarankan untuk bayi. Diantaranya apel adalah makanan yang paling rendah alergi. Selain itu buah yang satu ini juga mudah dicerna oleh bayi, dan makanan dari apel pun bisa dibuat dengan sangat mudah. Rasanya pun sangat nikmat sehingga banyak bayi yang suka dengan rasa apel. Buah apel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan bayi dan membantu melancarkan tumbuh kembang bayi. Selain dengan membuat pure apel, Anda juga bisa membuat jus apel untuk buah hati Anda.

Category: Buah Buahan | Views: 271 | Added by: mrblue | Tags: khasiat buah elai, khasiat buah fir, khasiat buah figs, khasiat buah elderberry, khasiat buah ental, buah untuk bayi 6 bulan | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar
Log In
Search
Organization
Calendar
«  June 2015  »
SuMoTuWeThFrSa
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930
Entries archive
Site friends
  • uCoz Community
  • uCoz Manual
  • Video Tutorials
  • Official Template Store
  • Best uCoz Websites