Monday, 2024-04-29, 7:36 PM
Welcome Guest | RSS
Site menu
Section categories
Asuransi [18]
Bisnis [0]
Buah Buahan [116]
Forex [4]
Herbal [6]
Investasi [14]
Islam [8]
Keuangan [0]
Kesehatan [12]
Kecantikan [3]
Otomotif [0]
Pemasaran [39]
Sejarah [1]
Teknologi [9]
Our poll
Rate my site
Total of answers: 1
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Home » 2015 » June » 29 » Buah Diabetes
5:46 AM
Buah Diabetes

Diabetes dapat dikontrol dengan cara mengadopsi pola hidup yang sehat dan seimbang, salah satunya adalah dengan memperhatikan pola makan atau diet sehari-hari. Hal tersebut tentu dilakukan agar level gula darah tetap normal dan mencegah berbagai komplikasi akibat diabetes, yang dapat berkembang ketika kadar glukosa dalam darah tidak terkontrol.

Untuk itu sangatlah penting bagi penderita diabetes untuk mengetahui makanan apa yang harus dimakan dan juga makanan yang harus dihindari. Makanan yang banyak mengandung gula dan lemak lebih baik dihindari jika anda menderita diabetes, dan karena itu terdapat cukup banyak makanan yang sebaiknya anda hindari, atau setidaknya dibatasi konsumsinya secara ketat.

Makanan yang Sebaiknya Dihindari oleh Penderita Diabetes

Tidak hanya gula, penderita diabetes pun harus memperhatikan asupan karbohidrat yang dikonsumsi. Begitu pula halnya dengan makanan yang berkolesterol tinggi, sebaiknya dihindari. Beberapa studi juga mengungkapkan beberapa buah dan sayuran yang berbahaya bagi penderita diabetes. Semua hal tersebut membawa anda pada daftar panjang kategori makanan yang sebaiknya dibatasi dan dihindari oleh penderita diabetes.

Makanan yang Kaya Gula

Jenis makanan yang mengandung banyak gula adalah musuh nomor satu bagi penderita diabetes. Makanan dengan kadar gula tinggi seperti gula putih (gula pasir), es krim, donat, pastries, cokelat, serta makanan dengan pemanis buatan, bisa sangat berbahaya bagi orang yang menderita diabetes. Makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah, sehingga tidak mengherankan jika sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

Jika memang tidak bisa menghindari jenis makanan ber-gula, anda dapat menyiasatinya dengan membuat atau memilih makanan dengan kandungan gula minimal. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda mengenai jenis makanan manis yang dapat anda konsumsi serta beberapa saran dan tips untuk mengontrolnya.

Makanan Berkolesterol Tinggi

Kondisi diabetes menyebabkan kadar kolesterol baik menurun, dan sebaliknya meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Hal tersebut menyebabkan penderita diabetes rentan dengan beberapa penyakit akibat kolesterol tinggi, khususnya penyakit jantung karena kadar koleseterol yang tinggi dapat mengembangkan plak pada dinding arteri.

Oleh karena itu beberapa jenis makanan yang berkolesterol tinggi seperti kuning telur, produk-produk susu tinggi lemak, unggas, daging merah, udang, keju, dan lain sebagainya, sebaiknya dihindari atau dibatasi secara cermat.

Jus Buah

Penelitian menunjukkan bahwa meminum segelas jus buah secara rutin setiap hari dapat meningkatkan resiko diabetes. Terlebih bagi penderita diabetes, memakan buah secara langsung lebih disarankan daripada menyajikannya dalam bentuk jus. Mengkonsumsi buah secara langsung akan memberikan serat atau fiber, yang mana sangat diperlukan oleh tubuh. Sedangkan jus buah mengandung karbohidrat yang tinggi. Penderita diabetes mungkin sesekali tetap dapat minum jus buah, akan tetapi harus dibatasi dan sebaiknya dikonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda.
 
Beberapa Buah dan Sayuran

Walaupun secara umum buah-buahan dapat dikatakan menyehatkan, namun tidak semua buah menyehatkan bagi penderita diabetes. Orang yang memiliki diabetes sebaiknya menghindari jenis buah-buahan yang mengandung kadar glukosa dan sukrosa yang tinggi. Buah seperti mangga dan stroberi menyebabkan lonjakan kadar gula darah pada penderita diabetes. Begitu pula halnya pada beberapa jenis sayuran yang kaya akan kandungan pati, seperti kentang dan labu, juga harus dibatasi dengan hati-hati.

Sebagai alternatif, anda bisa mengganti buah yang kaya gula dengan buah dengan kandungan serat tinggi seperti apel, pir, dan raspberry. Untuk sayuran, anda bisa menggantinya dengan wortel ataupun kacang-kacangan.

Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol cenderung akan meningkatkan kadar gula darah, dan konsumsi alkohol dalam jumlah yang tinggi dapat membahayakan penderita diabetes. Kondisi hypoglycemia juga bisa terjadi jika mengkonsumsi alkohol dalam keadaan perut yang kosong. Selain itu, konsumsi alkohol yang berlebih dapat merusak fungsi liver, yang mana akan semakin menyulitkan tubuh untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Goreng-Gorengan

Penderita diabates harus membatasi konsumsi gorengan, khususnya yang digoreng dengan minyak terhidrogenasi, karena kecenderungannya untuk meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, juga sarat akan lemak trans yang tidak sehat. Jika anda ingin mengkonsumsi gorengan, anda bisa memilih atau membuat gorengan yang menggunakan minyak yang lebih tidak berbahaya, misalnya minyak olive. Dan akan lebih baik lagi jika anda lebih memilih jenis makanan yang lebih sehat dan lebih ideal untuk penderita diabetes, yaitu jenis makanan yang dipanggang dan direbus atau dikukus.

Selain daftar diatas, beberapa jenis makanan juga sebaiknya dibatasi jika anda mengalami diabetes, antara lain makanan kaya sodium (misalnya kecap), dan produk makanan olahan tepung (pasta, pizza, dll). Jenis makanan fast-food yang banyak dipasarkan dimana-mana sebaiknya dihindari sama sekali, karena berbahaya bagi penderita diabetes.

Walaupun beberapa jenis makanan sangat susah untuk dihindari, namun penderita diabetes harus secara ketat merencanakan dan mengontrol pola makan yang sehat dan sesuai. Jangan berkecil hati dengan daftar banyaknya jenis makanan yang harus dihindari, karena daftar makanan yang bisa dikonsumsi (dan lebih sehat) justru lebih panjang lagi. Semua hal tersebut bertujuan untuk menjaga kondisi gula darah dan kondisi tubuh secara umum.

Untuk melengkapi apa yang baru saja anda baca di atas, simak juga: 18 Makanan yang disarankan untuk penderita diabetes.

Hal yang paling utama adalah dengan mengikuti anjuran makan yang telah direkomendasikan oleh dokter anda, termasuk anjuran lainnya untuk menjalankan pola hidup sehat, seperti berolahraga, mengontrol stres, dan tidur malam yang teratur.

Category: Buah Buahan | Views: 319 | Added by: mrblue | Tags: khasiat buah nanas muda, buah diabetes, khasiat buah naga ungu, khasiat buah naga untuk ibu hamil, khasiat buah naga putih | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar
Log In
Search
Organization
Calendar
«  June 2015  »
SuMoTuWeThFrSa
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930
Entries archive
Site friends
  • uCoz Community
  • uCoz Manual
  • Video Tutorials
  • Official Template Store
  • Best uCoz Websites