Dalam era globalisasi sekarang ini perkembangan dunia bisnis sangatlah cepat. Pemasaran dan promosi yang baik dapat meningkatkan citra perusahaan dan perkembangan perusahaan. Selain di bidang pemasaran dan promosi, perusahaan juga harus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Untuk mencapai kualitas pelayanan yang maksimum, maka diperlukan suatu konsep manajemen yang berbasiskan pelanggan. Konsep ini disebut dengan Customer Relationship Management. Selain mempertahankan pelanggan yang sudah ada, Customer Relationship Management juga berusaha untuk mendapatkan pelanggan baru.
Sejalan dengan perkembangan bisnis, perkembangan di bidang teknologi pun melaju sangat cepat. Internet berfungsi dalam menyajikan informasi kepada para pelanggan secara on line yang bersifat up to date, dapat di akses di mana dan kapan saja dengan cepat. Melalui teknologi internet, CRM memiliki kesempatan yang sangat besar untuk diterapkan dalam dunia bisnis. Konsep CRM yang berbasis internet ini dikenal dengan istilah E-CRM (Electronic – Customer Relationship Management).
PT Asuransi Artarindo adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang asuransi kerugian. Dengan semakin ketatnya persaingan yang ada pada masa sekarang ini, maka perusahaan memerlukan suatu strategi baru untuk terus meningkatkan kualitas layanan yang sudah ada.
|